FINON (Finance for Non Finance) adalah materi manajemen keuangan yang umum yang diberikan kepada pemimpin/manajer di perusahaan. Materi finon bertujuan agar para pemimpin atau manajer memiliki pemahaman dari sudut pandang keuangan perusahaan sekalipun tidak memiliki latar belakang pendidikan manajemen keuangan.

Salah satu materi yang diberikan di Mizan Academy adalah Finance for Non Finance. Materi finon dinilai penting untuk dipahami oleh seluruh pemimpin/manajer yang ada di perusahaan karena accounting/finance adalah bahasa universal bagi bisnis.

Berikut catatan saya di materi tersebut:

Saya sangat setuju dengan statement accounting is the language of business. Finance/accounting merupakan suatu bahasa standar yang menggambarkan suatu bisnis. Apakah suatu bisnis tersebut sehat atau tidak, apakah suatu bisnis tersebut berjalan dengan baik atau tidak, apakah perencanaan bisnis sesuai timeline atau tidak, apakah yang dilakukan sudah sesuai dengan perencanaan atau tidak.

Kurang lebihnya pendapat saya mengenai finance/accounting adalah sebagai berikut:

● Accounting/finance sebagai penjelasan kondisi suatu bisnis:

Suatu bisnis bisa dikatakan sehat atau tidak, mengalami untung atau rugi caranya adalah dengan melalui laporan keuangan. Apakah penjualannya mencapai target atau tidak? Apakah biaya yang dikeluarkan sudah sesuai atau malah berlebihan? Apakah bisnis keseluruhan untung atau rugi? Bagaimana pertumbuhannya? Dan lain sebagainya.

Kesemua hal tersebut bisa dilihat dengan jelas dan gamblang melalui laporan keuangan, dengan angka angka yang pasti, dan bukan dengan gambaran deskriptif yang mungkin multitafsir.

● Accounting/finance sebagai penjelasan perencanaan bisnis:

Suatu rencana bisnis diterjemahkan ke dalam business plan yang di dalamnya mencakup berapa target penjualan, apa-apa saja yang akan dilakukan disertai waktunya untuk mencapai pengembangan, dan bagaimana budgeting untuk mencapai penjualan dan rencana pengembangannya, dsb. Dari business plan juga bisa diketahui bagaimana bisnis kita kedepannya akan berjalan.

● Accounting/finance sebagai pengendalian bisnis:

Suatu bisnis yang sudah memiliki perencanaan beserta timeline dan budgetingnya bisa dengan mudah diukur melalui businesa plan. Apakah rencana yang sudah dibuat sudah sesuai dengan perencanaannya berikut dengan biaya-biaya yang dikeluarkannya, setelah itu apakah target penjualannya tercapai sesuai perencanaannya, dsb. Apabila timeline atau target ada yang tidak sesuai dengan perencanaan bisa dengan mudah diidentifikasi bagian mana yang masih kurang, apakah ada yang sudah direncanakan tetapi belum dilakukan, apakah terjadi ketidakefisienan atau ketidakefektifan dalam pelaksanaannya, apakah ada penyimpangan-penyimpangan, dan lain sebagainya. Dan juga sebagai pegangan/landasan bagi pengambilan keputusan suatu bisnis.

● Accounting/finance sebagai analisa untung rugi bisnis:

Suatu bisnis bisa diidentifikasi untung-ruginya melalui akunting atau laporan keuangan. Ataukah investasi atau biaya yang dikeluarkan tidak memiliki ROI (return of investment) yang sesuai, dan lain sebagainya.

● Accounting/finance sebagai analisa masa depan bisnis:

Suatu bisnis bisa diidentifikasi/prediksi masa depannya salah satunya melalui analisa laporan keuangan. Apakah suatu bisnis memiliki trend yang bagus dengan performa yang terus meningkat, apakah suatu bisnis memiliki trend yang terus menurun. Dan analisa-analisa tersebut dapat dengan mudah membantu dalam menentukan pengambilan keputusan dalam suatu bisnis.

Selain itu finance/accounting juga menjadi dasar dalam transaksi harian yang dilakukan perusahaan. Apakah perusahaan harus berhutang atau menanam investasi ke dalam bisnisnya, atau juga bagaimana cashflow yang seharusnya dan realisasi yang terjadi. Karena perusahaan juga harus menjaga arus kasnya untuk bisa melakukan transaksi-transaksi harian untuk menunjang bisnisnya agar terus berjalan.

Oleh karena itu menurut saya penting bagi seorang pemimpin di perusahaan (junior manager hingga senior manager) untuk mampu mengoptimalkan fungsi finance/accounting untuk menjalankan manajemen bisnisnya (planing, organizing, actuating, controlling) agar tetap beejalan dengan baik karena dengan bahasa accounting semuanya jadi bisa terperinci, terukur, realistis, terjadwal, dan lain sebagainya.

Jika seorang pemimpin bisa mengoptimalkan fungsi accounting/finance itu akan sangat bermanfaat karena akan membantunya mencapai tujuan yang ingin dicapai dan memudahkannya dalam setiap pengambilan keputusan apa saja yang terkait dengan bisnis yang dikelolanya.

———

Materi ini adalah bagian dari materi Mizan Academy 2018. Kelas yang diadakan selama setahun oleh Mizan Group dalam rangka upgrading dan kaderisasi.