Beberapa kali saya memposting ke akun media sosial mengenai aktivitas saya berolahraga, yaitu lari. Saya juga pernah beberapa kali ikut event lari. Saya merasa lari merupakan olahraga yang paling cocok bagi saya (jika naik gunung tidak dikategorikan sebagai olahraga). Saya merasa seperti itu bukan tanpa alasan, tapi karena pertimbangan beberapa alasan berikut ini:

1. Pola Makan dan Tidur yang Lebih Teratur

Dengan rutin melakukan olahraga lari saya merasa tubuh saya merespon dengan meningkatnya nafsu makan dan pola istirahat yang lebih baik. Ini sangat bagus bagi orang yang sebelumnya memiliki masalah dengan pola makan dan pola tidur. Berlari secara rutin bisa mengembalikan tubuhmu agar kembali memiliki naluri (makan dan tidur) sebagaimana seharusnya.

2. Badan Lebih Bugar

Bangun tidur dalam kondisi badan sakit adalah hal umum bagi mereka yang memiliki aktivitas padat dan tidak sempat berolahraga. Dengan berlari, saya merasakan badan menjadi lebih segar ketika bangun tidur sehingga memiliki mood yang baik dan semangat menjalani aktivitas harian.

3. Menyenangkan

Lari terbukti mengurangi stres dan menimbulkan kebahagiaan. Dengan lari tubuh berproses memproduksi hormon-hormon yang berhubungan dengan kebahagiaan dan menghilangkan hormon yang menjadi penyebab stres. Ini juga terjadi pada olahraga lainnya, kesehatan mental cenderung meningkat jika mereka aktif secara fisik.

4. Memperbaiki Kualitas Konsentrasi

Melalui lari, saya berlatih untuk berpikir tenang. Jika rutin melakukan olahraga rutin, para ahli mengatakan keinginan untuk mengkonsumsi alkohol dan zat adiktif lainnya akan menurun.

5. Olahraga yang Gampang

Lari merupakan olahraga yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan. Lari bisa dilakukan seorang diri, tidak mengharuskan kamu untuk memiliki partner. Lari juga merupakan olahraga yang tidak memiliki aturan yang rumit, dan tidak membutuhkan alat khusus kecuali sepatu (bahkan bisa berlari tanpa sepatu) sehingga kamu hanya perlu bersiap, dan lari. Just run, and go!

Itulah alasan saya menjadikan lari sebagai olahraga andalan. Siapa tau kamu jadi tertarik buat lari juga. Jadi kapan kita lari bareng? 😄