Sudah tidak lagi berkuliah bukan berarti kita berhenti belajar. Proses belajar adalah proses yang seharusnya berlangsung seumur hidup, termasuk saat sudah bekerja. Salah satu cara agar bisa belajar di tempat kerja adalah melalui mentor. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengapa sebaiknya kamu memiliki mentor di tempat kerja.

1. Lebih Mudah Beradaptasi

Dinamika selalu terjadi di mana saja, termasuk di tempat kerja. Mentor biasanya lebih memiliki pengalaman menghadapi perubahan-perubahan. Mentor akan membantumu beradaptasi menghadapi perubahan dengan tepat.

2. Lebih Banyak Teman

Memiliki mentor berarti memiliki teman yang bisa kamu mintai nasihat. Seperti halnya kepada teman, kamu bisa sharing mengenai pekerjaan dan masalah pribadi.

3. Karir Lebih Berkembang

Keterampilan, potensi, dan minatmu sangat mungkin tidak semuanya tersalurkan dengan posisimu sekarang. Mentor bisa mempelajari itu dan membantumu merencanakan jalur karier, peluang pengembangan pribadi, bahkan menemukan posisi yang lebih tepat untukmu.

4. Jadi Pribadi Yang Lebih Baik

Kalau mentor sudah mengenalmu dengan baik akan memberitahu kekuatan dan kelemahanmu, dia akan mengingatkanmu akan hal-hal itu. Singkatnya, mentor bisa membantumu belajar dan membangun karakter.

5. Lebih Bermotivasi

Ketika mendapat pujian kita akan memiliki lebih banyak endorfin (hormon bahagia). Menurut pakar, 70% mengatakan apresiasi terbuka, termasuk dari mentor bisa meningkatkan motivasi dan semangat kerja.

6. Lebih Happy

Mentor akan membantumu mengasah keterampilan dan menjadikan kamu lebih kompeten. Ketika kamu pandai melaksanakan tugas yang harus kamu selesaikan, kamu akan merasa lebih bahagia dalam pekerjaan dan juga kehidupan pribadi.

7. Kamu Bisa Jadi Mentor Juga

Akan terasa menyenangkan jika bisa mengasah bakat dan memiliki keterampilan mentoring di kantor, apalagi jika berkaitan dengan kepemimpinan dan komunikasi. Jika nanti kamu belajar menjadi mentor, orang yang kamu mentori akan membantumu melihat perspektif baru tentang suatu masalah.

Itulah alasan mengapa sebaiknya memiliki mentor di tempat kerja. Apa saja yang sudah kamu rasakan dari kehadiran mentormu? Bagi kamu yang belum punya mentor, gak perlu ragu lagi untuk memiliki mentor di tempat kerja yang bisa membantu dalam karirmu.