Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata volunteer atau relawan? Kalau kamu hanya berpikir tentang pekerjaan yang sukarela, gak dibayar, dan cuma untuk orang yang gak punya kesibukan, kamu salah besar. Ternyata banyak banget manfaat yang bisa didapat kalo bergabung ke organisasi/kegiatan volunteer. Check this out!

Teman

Teman Baru Saat Jadi Volunteer

Foto: Unsplash

Dengan menjadi volunteer kita bisa memperluas pergaulan, karena memiliki kesempatan untuk terus mengenal orang-orang baru yang kelak bisa saja menjadi rekan bisnis, teman kerja, teman kuliah, atau bahkan teman hidup *eaa. Gak usah khawatir, orang-orang baru yang akan ditemui nantinya akan terasa ‘nyambung’ ko, karena biasanya memiliki minat atau tujuan yang sama.

Kesehatan Fisik dan Mental

Sehat Fisik dan Mental Saat Jadi Volunteer

Foto: Unsplash

Berkegiatan sebagai volunteer akan memaksa tubuh bergerak aktif seperti misalnya berjalan kaki, mengangkat barang, dan aktivitas lainnya yang mungkin saja gak dilakukan kalo gak bergabung jadi relawan.

Ada penelitian yang dilakukan London School of Economics, semakin sering seseorang menjadi relawan akan semakin membuat mereka merasa lebih bahagia. Ini terjadi karena aktivitas tersebut bisa memperkuat rasa empati dan keakraban di antara sesama, dan tentu membuatmu lebih sering tersenyum. Bukan hanya itu, saat menjalani kegiatan sebagai relawan kita akan jadi pribadi yang lebih bersyukur karena akan merasakan secara langsung indahnya berbagi. The more we give, the happier we feel.

Upgrade Skill, Berpikir lebih Terbuka, dan Saling Menghargai

Upgrade Diri Saat Jadi Volunteer

Foto: Unsplash

Dengan menjadi volunteer berarti kita terlibat lebih banyak hal yang bisa menambah softskill, mulai dari leadership, komunikasi, problem solving, dll. Kamu juga akan memiliki perspektif baru dan lebih luas dalam memandang sesuatu.
Selain tentang skill, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih baik dengan menjadi saling menghargai karena di kegiatan relawan akan bertemu banyak orang yang sangat beragam yang mau-tak-mau akan membuat diri kita lebih menghargai satu sama lain. Dan tentu saja kita jadi lebih mengenal diri sendiri, bagaimana diri kita saat berhadapan dengan masalah yang ada.

Mempercantik CV

Saat CV Dinilai

Foto: Unsplash

Tentu saja yang terakhir yang juga merupakan bonus, pengalaman sebagai volunteer sangat berguna untuk mempercantik CV. Pengalaman sebagai relawan akan menjadi nilai tambah saat kamu mengajukan proposal beasiswa, ataupun saat melamar kerja. Ini karena dengan bergabung menjadi relawan, kita akan dilihat sebagai orang yang ringan tangan atau senang membantu yang tentu saja disukai oleh penyeleksi. Itu juga akan mendukung bahwa kita bisa bekerja sama dalam tim, terbiasa tampil di depan umum, dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Pada akhirnya, orang akan ada saja yang melihat sesuatu dengan tolak ukur bayaran ‘uang’, dan jika kamu sudah merasakan bergabung dengan organisasi/kegiatan volunteering akan mengerti lebih dalam makna bahwa uang bukanlah segalanya. Yang kamu lakukan lebih berharga untuk dibayar dengan uang.

Organisasi atau kegiatan volunteering itu sangat banyak, kamu bisa pilih yang kamu sukai.

Jadi apa volunteering yang kamu pilih? 😀