Business model canvas adalah penjelasan mengenai suatu bisnis dalam format yang lebih sederhana dan lengkap. Kamu yang baru mau mulai atau sedang menjalankan bisnis perlu banget bikin ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari business model canvas:

Lebih Cepat, Mudah, dan Terarah

Sebuah perencanaan bisnis yang baik perlu didokumentasikan agar bisnis berjalan dengan terarah dan jalur yang benar. Dengan business model canvas, konsep bisnis bisa dibuat lebih jelas dan mudah dipahami.

Lebih Mengenal Bisnis Sendiri

Membuat bussines model canvas juga bisa membuat kamu lebih mengenal bisnis sendiri. Mengenal yang dimaksud adalah ke bagian yang lebih rinci seperti relasi, kebutuhan, biaya, aktivitas, pendapatan, dsb.

Panduan Menyusun Strategi

Bussines model juga bermanfaat sebagai panduan di masa mendatang dalam merumuskan strategi, menyusun anggaran, dan merencanakan pengembangan bisnis.

Mencari Tambahan Modal

Bussines model biasanya digunakan juga sebagai dokumen pendukung saat menjelaskan sebuah bisnis, termasuk kepada investor.

Bagus banget kan buat kamu yang akan dan sedang menjalankan bisnis. Jadi tunggu apa lagi? Buruan bikin business model canvas!

Kalo mau tau soal apa itu business model canvas dan penjelasannya, kamu bisa baca di sini.

Kasih komen ya kalo udah nyoba bikin bisnis model canvas 🙂