Business Model Canvas

Business Model Canvas adalah suatu kerangka kerja yang menjelaskan bisnis dalam bentuk visual yang mudah dipahami. Business model canvas umum digunakan dalam mengembangkan bisnis baru bagi startup dan mendokumentasikan bisnis yang sudah berjalan bagi perusahaan. Untuk mengetahui apa saja manfaat membuat business model canvas bisa klik di sini.

Business model canvas merupakan bagian dari strategic management yang menjelaskan bagaimana konsep sebuah bisnis, sehingga bisa dikembangkan dengan mudah dan cepat, salah satunya menggunakan SWOT Analysis.

Business model canvas dapat digunakan oleh semua jenis bisnis apapun sektor usahanya. Berisi 9 blok elemen bisnis dengan visual sehingga inovasi yang dibuat mudah dipahami dan dimengerti.

1. Customer Segment

Menjelaskan siapa sebenarnya yang menjadi konsumen, pada segmen mana yang akan disasar. Penting menentukan segmen mana yang dilayani dan penting, sehingga strategi yang dibuat bisa tepat sasaran.

2. Value Proposition

Value proposition adalah produk atau jasa yang paling bermanfaat bagi konsumen yang bisa ditawarkan. Ini harus menjadi alasan kenapa produk/jasa tersebut dipilih dan berbeda dari pesaing.

3. Channels

Channels adalah cara berkomunikasi kepada segmen konsumen dan menyampaikan Value Proposition yang dijanjikannya. Media yang dipakai harus mampu membantu konsumen mulai tahap awareness hingga after sales.

4. Customer Relationship

Customer relationship menjelaskan bagaimana bisnis mengakrabkan hubungan dengan konsumen. Tujuan customer relationship adalah akusisi pelanggan lama, mempertahankan pelanggan baru, meningkatkan penjualan pelanggan lama.

5. Revenue Streams

Revenue streams menggambarkan bagaimana bisnis mendapatkan uang sebagai pendapatan utama. Bisa berupa dua jenis; transaksi sekali, atau transaksi berulang (berlangganan).

6. Key Resources

Key resources adalah sumber daya utama yang memungkinkan bisnis berjalan dengan baik. Singkatnya, bisnis tidak akan berjalan dengan baik apabila sumber daya ini tidak terpenuhi. Key resources bisa disediakan sendiri atau dipenuhi oleh Key Partners.

7. Key Activities

Key activites adalah kegiatan penting yang harus dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik.

8. Key Partners

Key partners memberikan gambaran siapa mitra penting yang turut berperan agar bisnis berjalan dengan baik. Manfaat bermitra: biasanya harga lebih murah, memenuhi kebutuhan, mengurangi resiko.

9. Cost Structure

Menggambarkan jenis dan besarnya biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan key activites dengan memanfaatkan Key Resources dan bekerja sama dengan Key Partners.
Yang perlu diperhatikan dalam struktur biaya; fixed cost, variable cost, economy of scale, economy of scope. Struktur biaya juga dibuat berdasarkan kebijakan apakah cost-driven atau value-driven.

Kalo mau diskusi soal bikin business model canvas, silakan komen aja ya. Kalo mau tau apa manfaat bikin business model canvas, bisa baca di sini.

Sumber gambar: https://www.instructables.com/ id/How-to-Make-a-Business-Model-Canvas/

← Previous post

Next post →

2 Comments

  1. bisnis ini cocok disegala bidang usaha kah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.