21st Century Skills adalah 12 kemampuan yang harus dimiliki anak muda saat ini. Pada 2016, World Economic Forum merilis versi baru untuk laporan pendidikan mereka, kemudian muncul 21st Century Skills sebagai solusi atas kemampuan yang dibutuhkan dari anak muda yang bergeser dan menjadi lebih kompleks.

Beberapa waktu ini mungkin banyak yang bilang kalo generasi millenial atau generasi Z itu terlalu cuek, gak sopan, maunya instan, dll. Padahal sebagai anak millenial dan gen Z belum tentu begitu. Jangan khawatir, saya pernah baca kalo suatu generasi diejek sama generasi sebelumnya adalah suatu hal wajar, dan itu sudah terjadi sejak lama. Tapi itu bukan berarti jadi ada alasan untuk menghindari ejekan tersebut, ya. Supaya benar gak dianggap seperti ejekan itu, kamu harus buktiin dengan skill dan prestasi.

Jadi sebenarnya apa sih kemampuan yang harus dimiliki sama anak muda saat ini? Kamu yang gak pengen ketinggalan zaman, harus banget punya skill ini:

21st Century Skills:

Dibagi menjadi tiga bagian dari total 12 keterampilan sebagai berikut:
– Learning Skills
– Literacy Skills
– Life Skills

Learning Skills

1. Critical Thinking

Kemampuan untuk berpikir secara menyeluruh dan kompleks dalam menganalisa sesuatu.

2. Creativity

Kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda dan menghasilkan ide/solusi. Thinking outside the box, thinking without the box.

3. Collaboration

Kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai hasil terbaik. Kunci dari kolaborasi adalah kemauan.

4. Communication

Kemampuan untuk menyampaikan dan menerima sebuah gagasan dengan orang-oramg dengan berbagai kepribadian. Komunikasi menjadi penting karena semua kemampuan yang dimiliki mungkin saja gagal diaplikasikan apabila gagal dalam mengkomunikasikannya.

Literacy Skills

5. Information Literacy

Kemampuan untuk memahami dan mengolah informasi yang diterima khususnya yang berkaitan dengan data. Termasuk nantinya untuk membedakan antara fakta dan fiksi.

6. Media Literacy

Kemampuan untuk mengidentifikasi mengidentifikasi sumber suatu informasi yang menentukan kredibilitas informasi tersebut. Ini agak mirip dengan skills sebelumnya.

7. Technology Literacy

Kemampuan untuk memahami dan memanfaatkan teknologi untuk menunjang efektifitas. Dengan begitu anak muda bisa memainkan peran dengan baik dalam dunia yang berkembang.

Life Skills

8. Flexibility

Kemampuan untuk menyesuaikan dengan keadaan. Skills ini setidaknya membutuhkan pemahaman bahwa yang kita lakukan belum tentu yang terbaik, dan juga menyadari jika kita melakukan kesalahan. Sehingga kita mengetahui kapan waktu untuk berubah, bagaimana cara untuk berubah, dan bagaimana menyikapi perubahan.

9. Leadership

Kemampuan untuk menyusun tujuan, menjalankan semua yang dibutuhkan bersama tim, dan mencapai tujuan secara kolaboratif.

10. Initiative

Kemampuan untuk menjadi starter, memulai sesuatu, dan menjalankan strategi untuk mencapai tujuan.

11. Productivity

Kemampuan untuk menyelesaikan sesuatu dengan baik dalam waktu yang secepat mungkin. Karena produktifitas selalu tentang seberapa besar output yang dicapai dengan sebuah input.

12. Social skills

Kemampuan untuk membangun jaringan seluas mungkin, untuk kemudian bersama-sama mendapatkan manfaat (mutual benefit).

Referensi:

https://www.aeseducation.com/ careercenter21/what-are-21st-century-skills

https://www.youthmanual.com/ post/sudut-pandang/21st-century-skills-itu-apa-dan-kenapa-anak-muda-harus-mempunyai-kemampuan-kemampuan-tersebut

https://millennia.co.id